MNC Peduli dan RS PKU Muhammadiyah Gombong Kembali Gelar Operasi Sumbing Gratis di Gombong Kebumen

RS PKU Muhammadiyah Gombong dan MNC Peduli melalui Yayasan Jalinan Kasih kembali menunjukkan kepedulian dalam bidang kesehatan dan pengobatan dengan menggelar operasi gratis sumbing bibir dan langitan di Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Rabu (14/8/2019). Aksi sosial bertajuk “Senyum Indonesia” ini merupakan wujud nyata dari konsistensi MNC Peduli untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Head of MNC Peduli Tengku Havid mengatakan, MNC Peduli yang bekerja sama dengan RS PKU Muhammadiyah Gombong, berhasil melaksanakan operasi untuk 12 pasien berusia balita. Bulan Juli sebelumnya juga sudah digelar operasi untuk 15 pasien.

“Peserta operasi bibir sumbing yang mendaftar ini tidak hanya berasal dari Kabupaten Kebumen saja. Mereka juga berasal dari beberapa kabupaten lain seperti Cilacap, Banyumas, Magelang, Wonosobo, Purworejo dan Banjarnegara,” kata Tengku Havid, Jumat (16/8/2019).

Selain di Gombong, MNC Peduli juga telah melaksanakan kegiatan sejenis di daerah Lampung dan Tasikmalaya. Di tahun 2019 ini, selain program operasi sumbing bibir, MNC Peduli juga memberikan bantuan alat kesehatan seperti kursi roda, kaki palsu, pelaksanaan bakti sosial pengobatan umum, operasi katarak, hernia, dan penyakit khusus lainnya di beberapa kota di Indonesia.

Ketua III MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo berharap, kegiatan operasi bibir sumbing bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri masyarakat. Para warga yang menjalani operasi pun bisa beraktivitas dan berkomunikasi dengan lebih baik.

“Dengan operasi seperti ini, operasi bibir sumbing, operasi katarak, dan lainnya, kami bisa membantu masyarakat prasejahtera yang membutuhkan operasi tersebut,” kata Jessica.

Sementara Tim medis RS PKU Muhammadiyah Gombong Hastu W, S.Kep.Ns mengimbau kepada warga Kabupaten Kebumen dan sekitarnya yang memiliki saudara penderita bibir sumbing, menghubungi RS Muhammadiyah. Pihaknya siap membantu mengoperasi. “Dengan senang hati kami akan membantu,” katanuya.

Operasi bibir sumbing yang digelar MNC Peduli bekerja sama dengan RS PKU Muhammadiyah Gombong, mendapat sambutan baik dari masyarakat. Nurhasanah, salah satu dari orang tua pasien bernama Atiqotul Azizah (10 bulan), yang telah dioperasi pada tahap sebelumnya, berterima kasih kepada MNC Peduli dan RS PKU Muhammadiyah Gombong.

“Terimas kasih atas bantuan operasi gratisnya. Kini, putri saya sudah bisa tersenyum manis kembali,” ujarnya.

Hingga awal Agustus 2019, jumlah penerima bantuan kesehatan dari MNC Peduli melalui Yayasan Jalinan Kasih sekitar 700.000 pasien. Bagi masyarakat yang ingin turut berpartisipasi dalam kegiatan sosial kesehatan lainnya melalui MNC Peduli dapat menyalurkan dana ke rekening bank atas nama Yayasan Jalinan Kasih melalui: MNC BANK 100-01-00000-9851-5, Mandiri 103-00099-0000-8, BRI 0206-01-005001-30-8, dan BCA 681-5088-119.