Milad 61 RS PKU Muhammadiyah Gombong Tebar Manfaat Bagi Umat

Sejak berdirinya,  Rumah Sakit PKU Muhammadiyah tahun 2019 sudah berusia 61 tahun. Berbagai kagiatan digelar dalam rangkaian peringatan tahun ke-61 berdirinya salah satu rumah sakit terbesar di Kebumen tersebut.

Puncak peringatan milad ke-61 ditandai dengan pengajian bersama yang menghadirkan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM)  Jawa Tengah Drs Tafsir MAg, Sabtu (27/4). Bersamaan dengan pengajian itu juga dilaksanakan pembagian paket sembako bagi 1.000 warga pra sejahtera.

Direktur Utama Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong dr H  Ibnu Naser Arohimi SAg MMR menyampaikan, pada peringatan milad ke-61 tahun ini, pihaknya mengangkat tema “Tiada henti memberi manfaat untuk umat”. Tema ini semacam refleksi atas  eksistensi perjalanan organisasi Muhammadiyah.

“Karena keberadaan rumah sakit PKU sebagai amal usaha persyarikatan Muhammadiyah harus bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat secara luas tanpa memandang ras, agama politik dan sebagainya,” ujar dokter  Ibnu kepada Suara Merdeka di sela-sela acara.

Pihaknya berharap  di usia 61 tahun, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah mampu mengukuhkan jatidirinya sebagai sebuah rumah sakit nirlaba yang mengemban visi dan misi  pimpinan Muhammadiyah sebagai gerakan amar makruf nahi munkar.

“Semoga di usia ke-61 tahun, PKU mampu melintasi jamannya, mampu mengukuhkan jatidiri dan eksistensinya sehingga dirasakan kebermanfatannya bagi seluruh umat manusia,” tandas dokter Ibnu.

Rangkain Kegiatan

Ketua Panitia Milad ke-61 PKU Gombong Eko Budi Santoso MKep menjelaskan, sejumlah kegiatan  digelar dalam rangkaian peringatan milad meliputi Lomba invitasi panahan yang diikuti 196 peserta,  pembekalan dai Muhammadiyah dan Aisyiyah Gombong, pemeriksaan dan pemberian kacamata gratis kepada 200 murid SD/MI atas kerjasama dengan Perdami Cabang Yogyakarta yang diketuai Prof dr Suharjo SpM.

Selain itu, pelayanan KB gratis untuk 129 akseptor KB, operasi bibir sumbing gratis yang pada sesi pertama dioperasi 15 orang anak. Operasi hernia gratis untuk 50 orang, opersi katarak gratis untuk 50 orang. Untuk operasi bibir sumbing, hernia dan katarak bekerja sama dengan MNC Peduli.

Acara milad ditutup dengan pengajian jelang Ramadan oleh Ketua PWM Jawa Tengah Drs M Tafsir M Ag. Acara dimeriahkan oleh band RS PKU Muhammadiyah Gombong. “Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas terselenggaranya seluruh acara milad hingga berjalan dengan lancar dan baik,” tandasnya.

Surtiyah, salah satu peserta pengajian asal Buayan mengucapkan selamat milad ke-61 Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong. “Semoga pelayanan di PKU Gombong bertambah semakin baik,” tandansnya.


(Supriyadi.AMK)