BANTUAN HIDUP DASAR DI PUSKESMAS KEMRANJEN

Penanganan Bantuan HIdup Dasar (BHD) di Instansi Kesehatan bagi petugas baik medis maupun non medis saat ini sedang digalakan dan petugas harus bisa melakukan hal tersebut.

Oleh karena itu salah satu program pemerintah ini sedang digiatkan di seluruh Instansi Kesehatan serta dilingkungan masyarakat, adapun pengertian BHD adalah Pertolongan pertama yang dilakukan pada korban henti jantung atau henti napas sebelum ditangani oleh tenaga medis atau rumah sakit.

Tidak hanya itu, program pencegahan dan pengendalian Infeksi serta kesehatan dan keselamatan kerja/ K3 sedang getol di bahas dan diulas di seluruh Instansi Kesehatan. Mereka seluruh petugas medis dan non medis harus cakap dan dapat mempraktekan BHD, Hand hygiene dan cara menggunakan APAR.

RS PKU Muhammadiyah Gombong dengan professionalismenya dengan pelayanan yang lengkap sudah mempunyai SDM berbagai profesi diantaranya dokter spesialis emergensi dan perawat emergensi, perawat IPCN dan dokter serta petugas K3.  

Terkait dengan hal tersebut, Instansi Kesehatan seperti Puskesmas-puskesmas baik yang berada di wilayah Kabupaten Kebumen dan yang diluar, meminta RS PKU Muhammadiyah Gombong untuk berbagi ilmu tentang BHD, PPI dan K3.

Baru baru ini Tim dari RS PKU Gombong kembali memberikan pelatihan di Puskesmas Kemranjen 2, pelatihan meliputi pemberian materi dan praktik BHD, PPI dan K3. Seluruh petugas puskesmas mengikuti acara tersebut. Hadir Kepala Puskesmas Kemanjen 2 dokter Muhammad Amir Fuad. Dengan sangat antusias mereka mengikuti proses giat tersebut dari pagi hingga sore pukul 17.30 WIB. Bertempat di aula pkm kemranjen 2 rabu, 13 Februari 2019.

Tim dari RS PKU Muhammadiyah Gombong yang di Ketuai oleh dokter Eva Delsi spesialis emergensi, perawat emergensi Agus Wahono, Perawat IPCN/PPI Wati Wusana S.Kep.Ns, petugas K3 Fahri kesehatan lingkungan. Serta Kepala Pemasaran Ns.Eko Budi Santoso,M.Kep. hadir pada pelatihan yang diadakan di Puskesmas Kemranjen 2.

Ns. Eko Budi Santoso,M.Kep membenarkan bahwa pihak Puskesmas Kemranjen 2 meminta kepada kami untuk memberikan pelatihan tersebut dan kami segera menindaklanjuti, hanya 3 hari begitu surat permohonan masuk kami proses dan segera kami realisasikan dalam bentuk kegiatan ini, ungkapnya di sela sela acara tersebut.

Semoga kegiatan ini dapat berguna bagi seluruh petugas di puskesmas tersebut dan dapat diimplementasikan kesehariannya dilingkungan mereka.