TIM PEMASARAN RS PKU MUHAMMADIYAH GOMBONG ADAKAN LOKAKARYA DI PUSKESMAS

Pelayanan prima adalah suatu pola layanan terbaik dalam manajemen modern yang mengutamakan kepedulian terhadap pelanggan. Layanan prima disebut juga sebagai excellent serviceExcellent servicecustomer service, dan customer care pada dasarnya adalah sama, hanya berbeda pada konsep pendekatannya saja. Namun yang paling penting dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan, minimal harus ada tiga hal pokok, yakni: peduli pada pelanggan, melayani dengan tindakan terbaik, dan memuaskan pelanggan dengan berorientasi pada standar layanan yang profesional. Jadi, keberhasilan program pelayanan prima tergantung pada penyelarasan kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan, dan tanggungjawab dalam pelaksanaannya.

 

Sederhananya, pelayanan prima (excellent service) adalah pelayanan yang memenuhi standar kualitas yang sesuai dengan harapan dan kepuasan pelanggan. Sehingga dalam pelayanan prima terdapat dua elemen penting yang saling berkaitan yaitu pelayanan dan kualitas. Kualitas pelayanan sendiri memiliki beberapa definisi yang dikemukakan oleh beberapa ahli.

 

Agar pelanggan merasa puas atas produk / jasa yang kita tawarkan, pribadi yang prima ditunjukkan dengan indikator-indikator seperti berikut: Pelayanan yang ramah, Bersikap sopan dan penuh hormat, Tampil yakin, Memberikan kesan ceria, Berpenampilan rapi, Senang bergaul, Mudah memaafkan, Senang belajar dari orang lain, Senang pada hal-hal yang etis dan wajar, Pandai menyenangkan orang lain. Tujuan dari pelayanan prima adalah memberikan pelayanan yang memuaskan pelanggan dan berfokus hanya pada pemberian layanan kepada pelanggan.

Baru baru ini selasa 29 januari 2019, RS PKU Muhammadiyah Gombong Tim Pemasaran dan Diklatnya bekerjasama dengan Puskesmas Gombong 1, adakan giat Lokakarya Mini yang bertema: Pelayanan Prima. Giat bertempat di Puskemas Gombong 1 yang beralamat di  jalan Yos Sudarso Tim. No.110, Wero, Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54416.

Hadir pada acara Kepala Puskesmas Gombong 1 dokter Toto Krishyanto dan seluruh pegawai/staffnya yang berjumlah 37 orang. Mereka sangat bersemangat mengikuti jalannya lokakarya tersebut. Acara berlangsung 4 jam penuh.

Hadir pemateri dari Diklat RS PKU Muhammadiyah Gombong, Septi Masitoh, S.Pd, dari Tim Pemasaran Sukendro,SE dan Wiwit Priyono, S.Pd. Materi yang diberikan adalah “Pelayanan Prima”,

Ns.Eko Budi Santoso, M.Kep yang menjabat sebagai Kepala Pemasaran dan Relasi membenarkan adanya acara tersebut telah diselenggarakan oleh Tim Diklat dan Pemasaran, acara bertempat di Puskesmas Gombong 1, ini adalah bentuk kerjasama PKU Gombong dan Puskesmas Gombong 1.