Workshop Bantuan Hidup Dasar (BHD), Pengendalian dan Pencegahan Infeksi (PPI) dan K3

Apakah yang dimaksud dengan bantuan hidup dasar itu? bantuan hidup dasar adalah bantuan yang dilakukan ketika seseorang tidak sadarkan diri dan memberikan bantuan tanpa obat, tanpa cairan intravena, tanpa kejutan listrik, dan bisa dilakukan oleh non medis. Bagaimana seseorang bisa terindikasi BHD? indikasi BHD biasanya terjadi akibat seseorang terkena tenggelam,stroke,koma,serangan jantung,tersengat listrik dan benda asing dijalan nafas.

Dan apakah itu PPI?, adalah bentuk pencegahan dan meminimalkan resiko terjadinya infeksi di rumah sakit/ fasilitas pelayanan kesehatan lainnya. PPI meliputi beberapa kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pembinaan, pendidikan/ pelatihan serta monitoring/ evaluasi.

Sedangkan Kesehatan dan keselamatan kerja  (K3) adalah bidang yang terkait dengan manusia yang bekerja di sebuah institusi maupun lokasi kerja. Tujuan K3 adalah untuk memelihara kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja, juga melindungi rekan kerja, konsumen, dan orang lain yang juga mungkin terpengaruh kondisi lingkungan kerja.

Baru baru ini RS PKU Muhammadiyah Gombong bekerja sama dengan Puskesmas/PKM Alian  mengadakan Workshop BHD, PPI dan K3, bertempat di Puskemas Alian Kebumen. Di ikuti oleh seluruh Dokter, Perawat, Bidan dan seluruh staf PKM tersebut yang berjumlah lebih dari 35 orang. Hadir juga Kepala Puskesmas Alian dr. Sunarto Selamet. Giat tersebut berlangsung pada Rabu, 23/1 2019.

Sedangkan sebagai Narasumber dari RS PKU Muhammadiyah Gombong hadir dr. Eva Delsi, Sp.Em spesalis emergensi, dr. Farid Muntaha, Ns. Eko Budi Santoso, M.Kep, Wati Wusana, S.Kep.Ns, Suko Widianto, S.Kep.Ns, Fakhri Zulfikar, A.Md. KL. Mereka memberikan presentasi menurut keahlian masing-masing sesuai bidangnya.

Tampak seluruh peserta yang hadir sangat antusias mengikuti jalannya workshop tersebut, mereka menyimak dengan seksama materi materi yang diberikan sambil mencatatnya dengan sesekali mengajukan pertanyaan walaupun belum ada sesi Tanya jawab. Dan disesi praktik seluruh peserta nampak sangat antusias untuk ikut mempraktikan disesi praktik tersebut.

Tujuan diselenggarannya program kegiatan dari Tim Pemasaran Humas dan Relasi ini adalah untuk men share atau meng update ilmu dari masing-masing materi tersebut diatas kepada rekan-rekan kerja yang berada di Puskesmas, sebelunya kegiatan seperti ini sudah dilakukan dibeberapa Puskesmas yang berada di Kabupaten Kebumen dan Banyumas, kata Ns. Eko Budi Santoso, M.Kep. selaku manajer Pemasaran, Humas dan Relasi di RS PKU Muhammadiyah Gombong.