RS PKU MUHAMMADIYAH GOMBONG Pelayanan KB Gratis

RS PKU MUHAMMADIYAH GOMBONG, Dalam rangka Miladnya yang ke 60 tahun bersama dengan Aisyiyah yang sedang ber Milad yang ke 101 tahun ini, gelar Pelayanan KB Gratis untuk masyarakat Kebumen. Acara ini juga bekerjasama dengan Dikdul KB Prop. Jateng, BKKBN Prop. Jateng, Dinsos PPKB Kab. Kebumen, Dinkes Kebumen, Kodim 0709 Kebumen. Selasa, 24 April 2018.

Dalam acara pembukaan yang dihadiri oleh, dra. Endang Purnomo Retno, MM dari PPA Dikdul KB Prop. Jateng, Dr. Hj. Mardiyah, SKM, M.Kes dari Pinwil Aisyiyah Jateng, dr. H. Budi Satrio, M.Kes dari Dinsos PPKB Kab. Kebumen dan Ibu Srihadi Widiastuti sebagai Penyelenggara dari Aisyiyah Kab. Kebumen. Serta hadir pula sesepuh Aisyiyah Kec. Gombong, BPH RS PKU Muhammadiyah Gombong dr. H . Haryo, dr. H. Agus Suyudi dan Bpk Goentoro, hadir pula Muspika Kec. Gombong.

Dirut RS PKU Muhammadiyah Gombong dalam; “ ini adalah acara Aisyiyah, kami akan memberikan suport dan dukungan demi terselenggaranya acara ini”, tentang miladnya PKU Gombong yang ke 60 tahun ini ibnu mengatakan; “ kami akan selalu mengabdi dalam melayani masyarakat dengan tidak membedakan suku, ras, agama dan golongan, tanpa memandang itu semua kami hadir dengan filosofi penolong kesengsaraan umum “. Sementara ketua penyelenggara dari Aisyiyah Kebumen Ibu Srihadi Widiastuti mengatakan disela-sela acara sedang berlangsung; “ semoga acara ini sangat membantu masyarakat supaya masyarakat bisa hidup sehat, perempuan lebih berkualitas, punya waktu produktif sehingga secara ekonomi dan berkualitas secara keseluruhan “.

Pelayanan KB bertempat di Gedung Radioterapi dimulai pukul 07.30 WIB, setelah acara pembukaan selesai para tamu undangan berkenan untuk menyaksikan pelayanan tersebut dan menyapa ibu ibu Akseptor KB yang sedang mendapatkan pelayanan. Dari RS PKU Gombong sendiri melibatkan 8 orang dokter umum putri dengan 10 bidan dan 10 perawat serta bagian Apoteker dan CSSD/ bagian steril alat-alat/instrumen, sebelum ibu-Ibu akseptor KB dipasang Kontrasepsi pertama akan diperiksa kesehatannya oleh tim Medis kemudian dipanggil satu persatu ke ruang pelayanan bongkar/pemasangan Implant dan IUD. Dokter Gumilar Ranggawuri sebagai ketua pelaksana jalannya kegiatan tersebut mengatakan; “ Pelayanan bongkar/pasang implant dan IUD dibantu oleh Bidan bidan dari puskesmas antara lain puskesmas Gombong 1 dan 2, puskesmas Sempor, puskesmas Karang Anyar, puskesmas Karang Gayam, puskesmas Adimulyo, puskesmas Rowokele, puskesmas Ayah 1 dan 2, puskesmas Buayan dan Puskesmas Kuwarasan “. Lebih dari 550 orang akseptor KB sudah terdaftar sebagai peserta dalam acara ini, yang membantu mendaftar adalah kader-kader KB di tingkat kecamatan. Dan pada hari H pelaksanaan masih banyak ibu-ibu muda yang langsung mendaftar tempat acara berlangsung, mereka sangat antusias mengikuti acara tersebut dengan sambil menggendong anak balitanya serta dengan sabar menunggu giliran untuk pemasangan alat kontrasepsi.

Dan ketua penyelenggara di sela-sela acara mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas terlaksananya acara ini. 70Supriyadi.AMK