Qurban berjama’ah RS PKU Muhammadiyah Gombong

Berqurban merupakan wujud rasa syukur yang ditunjukkan seluruh umat muslim kepada Allah atas segala karunia dan nikmat yang telah diberikan. Qurban hukumnya wajib bagi yang memiliki kelapangan harta dan cukup rezeki untuk melakukannya dan bagi umat muslim yang kurang mampu maka gugurlah kewajiban tersebut. Qurban termasuk salah satu ibadah sunah yang tidak boleh ditinggalkan, karena Allah SWT sangat mencintai hambanya yang mau menghabiskan sebagian hartanya untuk kepentingan ibadah.
Merupakan suatu keikhlasan Direktur, Direksi, BPH Rs dan seluruh pejabat struktural dilandasi dengan semangat kebersamaan untuk bisa melaksanakan Qurban secara berjamaah  Keluarga besar RS PKU Muhammadiyah Gombong pada Idhul Adha 1438 H/ 2017 M, dengan menyembelih 27 ekor sapi qurban. Pejabat sttruktural yang 100 orang tersebut menabung sedari dini hingga dapat melaksanakan hajatnya yaitu berqurban, memenuhi sunatullah sebagai muslim dan Alhamdulillah sejak 5 tahun terakhir ini jumlah sapi yang disembelih untuk qurban selalu bertambah jumlahnya. Pelaksanaan Qurban pada Sabtu, 2 September 2017.
Tidak mudah hingga terwujud hewan qurban sapi 27 ekor sapi, walaupun gaji mereka tidaklah besar, namun dengan upaya yang dimanajement dengan baik yaitu dengan menyimpan ditabungan qurban setiap bulan 200.000 ribu rupiah selama 10 bulan dan kekurangannya di subsidi oleh rumah sakit. Dalam pesan-pesannya Direktur Utama selalu memberikan motivasi untuk selalu beribadah dan beramal sholeh untuk mengantarkan seluruh anggota menuju pintu gerbang jannatun naim, sesuai dengan mukodimah Anggaran Dasar Muhammadiyah.
Penyembelihan qurban sapi dimulai setelah Sholat Subuh, dihalaman belakang rumah sakit, tenaga penyembelih qurban, pngupas kulit hewan, penetel tulang/ daging, pembersih jeroan, penimbang daging dan pendistribusiannya semua dari pegawai Rumah sakit. Diperbantukan juga dari AMM Gombong dan beberapa anggota ranting Muhammdiyah untuk memperlancar dan supaya lebih cepat waktunya hingga pembagian. Seluruh pegawai mulai dari non medis, perawat, bidan, dokter umum hingga dokter spesialis bahu membahu berkumpul dalam satu tempat penetelan daging dengan sebilah pisau ditangan memotong motong daging qurban. Kerjasama yang harmonis pun ada ditempat ini. Pembagian daging sesuai rencana dapat diserahkan jam 12.30 WIB setelah sholat Dhuhur.
Yang menerima daging sudah mendapatkan kupon seminggu sebelumnya, penerimanya adalah ibu-ibu pengajian umat rumah sakit masjid asy-syifa, pedangan asongan dan abang becak disekitar rumah sakit, tetangga dan tetangga desa rumah sakit, seluruh pimpinan ranting muhammadiyah gombong, seluruh pegawai rumah sakit, panti asuhan putra dan putri muhammadiyah gombong yang keseluruhannya berjumlah 10.000 bungkus danging qurban.
Sisi lain Idhul Adha manajement rumah sakit memberlakukan kebijakan kepesertaan tabungan haji bagi pegawai dimana setiap pegawai membuka rekening ke-Baitullah. Alhamdulillah setiap tahun pegawai ada yang berangkat ke-Baitullah. Dan bagi mereka yang berangkat Haji mendapatkan subsidi dari rumah sakit sebesar 15 juta rupiah. Hal ini tentu sudah kesepakatan manajement rumah sakit.