PKU GOMBONG JADI MODEL PELAYANAN MATERNAL NEONATAL

Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong melakukan perubahan besar dalam kurun waktu 2 tahun setelah berproses dalam program Exspanding Maternal and Neonatal Survival (EMAS)

Tidak hanya perubahan system dan tata kelola klinis, pku gombong juga mengalami peningkatan kualitas SDM, pemenuhan sarana dan prasarana di ruang IGD yang sekarang sudah menjadi INSTALASI GAWAT DARURAT LEVEL III DISASTER, Kamar Bersalin, dan ruang rawat inap bayi (PERINATOLOGI) dilengkapi dengan peralatan yang modern dan komplit juga PKU Gombong melakukan pembinaan aktif dan terus menerus terhadap jejaring rujukan seperti Puskesmas, Bidan Praktek, rumah sakit swasta tingkat pratama di sekitar wilayah Kabupaten Kebumen, Banyumas, Cilacap dan Banjarnegara

Keberhasilan dalam menciptakan pelayanan prima untuk Maternal Neonatal ini menjadikan PKU Gombong sebagai salah satu rumah sakit model di Jawa Tengah, Selama tiga hari RS PKU Muhammadiyah Gombong Menerima Kunjungan dari Tim EMAS Pusat Jakarta, Tim EMAS Jawa Tengah, RS PKU Muhammadiyah Temanggung, RS PKU Muhammadiyah Delanggu dan RS dr. Sudirman Kebumen, pada senin 25 Mei – 27 Mei 2015. Kegiatan itu di hadirioleh level pengambil kebijakan rumah sakit seperti pemilik dan direktur serta tim lapangan atau pelaksana seerti Spesialis Obsgyn, Spesialis Anak, dokter Umum,Bidan dan Perawat.

Acara di Buka oleh Kepala Dinas  Kesehatan Kabupaten Kebumen dr. Rini Kristiani, M.Kes,acara di ikuti oleh 70 peserta . Hadir New Born Advisor Emas Muhammadiyah Aisyiyah Effek Alamsyah, Maternal Advisor Emas Muhammadiyah Aisyiyah Natsir Nugroho, Tim Klinis Emas Muhammadiyah Aisyiyah Jakarta Yulia Irawan, Clinical Coordinator Emas Muhammadiyah Aisyiyah Ribky Amalia Putri, Provincial Team Leader Emas Jawa Tengah Hartanto Hardjono Wakil Ketua PWM Jawa Tengah Dailami.

Hadir Ketua BPH RS PKU Muhammadiyah Gombong Haryo, Ketua STIKES Muhammadiyah Gombong Madkhan Anis, Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Gombong Ibnu Naser Arrohimi, PCM Delanggu KH Dimyati Imam, Direktur RS PKU Muhammadiyah Delanggu Mafmun Sukri, Ketua MPKU Delanggu Afwa, Ketua MPKU Temanggung Erda Wahyudi dan Nani Narima dari RSUD dr Sudirman Kebumen

Direktur RS PKU Muhammadiyah Gombong, Ibnu Naser menyampaikan komitmen merupakan kunci dalam membawa rumah sakit yang dipimpinnya sebagai percontohan. Adapun peningkatan SDM, pemenuhan alat alat, pembangunan gedung akan mengikuti. Besarnya nilai yang dikeluarkan untuk memenuhi peralatan dan pelatihan bagi tenaga kesehatan akan mudah di keluarkan jika pemilik rumah sakit memiliki komitmen tinggi untuk memuliakan ibu dan bayi seperti yang di ajarkan Islam.