7 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Bayam

64bayamBayam lebih bergizi bila terkena cahaya dan diolah dulu ketimbang dimakan mentah.

Bayam memang kaya akan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Namun tahukah Anda bila sayuran berdaun hijau memiliki manfaat mengejutkan lainnya?  Berikut penjelasannya seperti dikutip dariMedicMagic, Senin (07/01).

Cara Memilih Bayam
Pilih daun bayam yang masih muda agar ketika dimakan rasanya lebih lembut. Selain itu, jika Anda membeli bayam di supermarket, pilih bayam yang diletakkan dekat cahaya, karena nutrisinya lebih banyak ketimbang bayam yang diletakkan di tempat gelap.

Lebih Bergizi Setelah Diolah
Bayam lebih bergizi bila dinikmati setelah diolah daripada dimakan mentah. Karena tubuh tidak dapat memecah nutrisi dan manfaat kesehatan pada bayam mentah. Pilihan lain untuk menikmati bayam dan merasakan manfaatnya adalah mengolahnya menjadi jus. Caranya, campur bayam dengan sayuran atau buah-buahan lain sehingga rasa jus menjadi lebih segar dan penuh nutrisi.

Rebus Bayam Selama Dua Menit
Bayam mengandung asam oksalat yang menghambat penyerapan kalsium dan zat besi. Untuk menyiasati hal ini, Anda harus mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C. Cara lain untuk mengurangi kadar asam oksalat adalah dengan merebus daun bayam selama sekitar dua menit.

Pilih Bayam Segar
Bayam yang sudah dibekukan dapat menghilangkan manfaat kesehatan. Jadi Anda harus membeli dan menikmati bayam yang segar.

Pilih yang Organik
Sebaiknya Anda dapat memilih bayam organik, karena bayam biasa umumnya sudah terkontaminasi pestisida yang sulit dibersihkan.

Baik Untuk Pencernaan
Makan bayam juga membantu mengeluarkan racun yang terdapat dalam sistem usus dan pencernaan.

Untuk Kecantikan
Tak hanya menyehatkan tubuh, bayam yang kaya akan vitamin dan mineral ini ternyata dapat pula membuat kulit Anda menjadi lebih halus.